Mari mengenal Videotron/LED display

Bagi anda yang akan membeli Videotron baik untuk keperluan indoor atau outdoor, ada beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai produk yang akan anda beli. Sebelum membeli LED Display atau Videotron, seringnya Customer Service atau admin dari perusahaan LED Display akan menanyakan beberapa hal seperti keperluan, SMD atau DIP sampai dengan Pixel Pitch.

Meskipun Customer Service atau admin akan menyarankan pada produk terbaik, tapi sebaiknya anda mengetahui hal-hal apa saja yang anda butuhkan. Hal mendasar yang mempengaruhi harga dari LED Display atau Videotron adalah jenis (Indoor atau Outdoor) dan ukuran Videotron yang dibutuhkan. Dari Indoor atau Outdoor inilah anda bisa mengetahui perbedaan komponen pembangun dan juga harganya.

Perbedaan Videotron Indoor dan Outdoor yang paling umum adalah pada pemasangannya di luar atau di dalam ruangan, beberapa perbedaan mendasar antara indoor dan outdoor yang mempengaruhi harga Videotron itu sendiri adalah :

  • Resolusi Videotron Outdoor dan Indoor

Resolusi berkaitan dengan Pixel dan Pixel Pitch. Pixel dan Pixel Pitch tidaklah sama. Pixel adalah jumlah dari titik lampu dari total besar ukuran LED Display, sedangkan Pixel Pitch adalah jarak dari antara 2 buah pixel. Semakin rapatnya Pixel Pitch mengakibatkan jumlah lampu LED akan semakin banyak, sehingga membuat harga dari LED Display atau Videotron akan semakin mahal, tapi membuat LED Display atau Videotron semakin dekat bisa dilihat. Biasanya Videotron outdoor menggunakan pitch 10 (P10), pitch 12 (P12) atau pitch 16 (p16) tergantung jarak pandang antara user/audience dengan layar tersebut. Sedangkan Videotron Indoor biasanya tidak membutuhkan pitch yang besar, pada umumnya menggunakan pitch 4 (P4), pitch 5 (P5) atau pitch 6 (P6).

  • Tingkat Inggres Protection Rate pada Videotron

Tingkat IP Rate pada Videotron adalah salah satu parameter teknis yang penting karena sangat menentukan apakah videotron tersebut bisa dipakai di dalam atau luar ruangan. Pada umumnya IP rate dari videotron outdoor adalah 65 dan untuk videotron indoor 40.

  • Tingkat Kecerahan atau Brightness

Satuan untuk menyatakan tingkat kecerahan adalah candela. Untuk videotron outdoor tingkat kecerahan yang dibutuhkan antara 6000-8000 candela, sedangakan untuk videotron indoor membutuhkan antara 1000-2000 candela. Tingkat kecerahan inilah yang juga memperngaruhi jarak pandang user/audience dengan layar videotron.

  • Kontruksi

Kontruksi untuk videotron outdoor lebih rumit daripada indoor. Hal ini dikarenakan beberapa videotron outdoor perlu menggunakan tiang atau pipa besar sebagai penompang atau penyangga layar yang begitu besar. Selain itu ada juga yang pemasangannya menempel di dinding luar gedung.

  • Teknologi SMD dan DIP

Teknologi DIP Videotron biasanya digunakan untuk videotron outdoor sedangkan SMD digunakan untuk videotron indoor tapi tidak menutup kemungkinan SMD bisa digunakan di outdoor.